Langsung ke konten utama

HDMI Port II Pengertian, Perkembangan dan Spesifikasi HDMI




Apakah teman-teman tahu tentang teknologi jaman sekarang? Kalau iya, pasti kalian tahu tentang bluetooth, earphone, dan kabel USB. Tetapi apakah kalian tahu tentang HDMI itu sendiri? HDMI port biasa dipakai dimana? HDMI merupakan salah satu keluaran teknologi terbaru yang digunakan pada komputer dan laptop pada jaman sekarang. HDMI juga tidak hanya dipakai PC saja tetapi digunakan juga pada televisi. Kebanyakan HDMI digunakan untuk menampilkan gambar dari laptop ke proyektor atau laptop ke televisi. HDMI menggantikan VGA yang sudah jarang diketemui pada PC sekarang. Karena HDMI jauh lebih cepat dan mudah.

I.                 Pengertian HDMI
HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah konektor yang menghubungkan berbagai macam perangkat elektronik seperti komputer, laptop, DVD Player, TV, Monitor, dan proyektor. Berbeda dengan konektor VGA yang hanya bisa mengirimkan data gambar saja, HDMI bisa mengirimkan data gambar dan suara sekaligus. Dalam arti, Anda tidak perlu lagi menggunakan dua jenis kabel terpisah untuk mengirimkan data gambar dan suara ke perangkat TV atau monitor. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).
HDMI adalah digital interface yang menyediakan kualitas terbaik dari video karena tidak ada lossy analog untuk konversi digital seperti yang diperlukan untuk semua koneksi analog (seperti S Video). Perbedaannya terlihat pada resolusi yang lebih tinggi seperti 1080p. Video digital akan tampil lebih tajam dan jernih serta meminimalkan cahaya berlebih dibandingkan sistem analog. Untuk kemudahan penggunaan, HDMI menghubungkan audio, video, dan multi channel ke dalam tabel tunggal, menghilangkan kompleksitas dari beberapa kabel seperti yang digunakan A/V sistem.
HDMI sendiri masih terus berkembang hingga saat ini. HDMI disinyalir akan menjadi teknologi masa depan bagi perangkat saat ini. Ini terbukti dengan mulai adanya instalasi port HDMI pada perangkat portable seperti pada beberapa tablet ternama di pasaran saat ini. HDMI merupakan terobosan terbaru di dalam dunia audio dan video ketika para pengguna dapat menikmati sebuah kualitas solid tanpa harus direpotkan dengan kabel-kabel yang begitu mengganggu dan terkadang merusak pemandangan. Bila Anda belum pernah menggunakan HDMI, tidak ada salahnya Anda mencoba fitur HDMI untuk merasakan sensasi baru dan berbeda dengan perangkat Anda, baik itu tablet atau monitor komputer Anda.

II.                 Perkembangan HDMI
Pendiri HDMI adalah pembuat elektronika konsumen yaitu Hitachi, Matsushita Electric Industrial (Panasonic/National/Quasar), Philips, Sony, Thomson (RCA), Toshiba, dan Silicon Image. Digital Content Protection, LLC (cabang Intel) menyediakan HDCP untuk HDMI. HDMI telah pula didukung oleh produser film besar Fox, Universal, Warner Bros., dan Disney, serta operator sistem DirecTV dan EchoStar (Dish Network) seperti halnya juga CableLabs dan Samsung.
·         TAHUN 2002
Pada tahun 2002 teknologi HDMI dirancang untuk memenuhi tutuntutan kualitas digital tinggi yang kompatibel, akhirnya pada tahun 2002 HDMI Versi 1.0 diperkenalkan
·         TAHUN 2004
Pada tahun ini HDMI versi 1.1 lahir dan penjualan meningkat pesat hingga sebanyak 5 Juta unit,
·         TAHUN 2005
Pada tahun 2005, karena mendapat respon dan permintaan pasar yang kian banyak, inovasi HDMI ini pun terus dikembangkan hingga pada Agustus 2005, HDMI merilis versi 1.2 dengan dukungan maksimal 8 kanal satu bit audio, konektor HDMI tipe A tersedia untuk sumber dari PC, dan mendukung sumber bertegangan rendah. tak hanya itu pada Desember tahun yang sama HDMI 1.2a juga lahir yang mempunyai dukungan penuh fitur Consumer Electronic Control (CEC), rangkaian perintah, dan tes pemenuhan CEC.
·         TAHUN 2006
Tahun 2006 HDMI mengeluarkan HDMI versi 1.3 dengan mengeluarkan inovasi dan fitur lebih banyak dan lebih canggih
·         TAHUN  2007
Pada 2007 Penjualan makin meningkat menjadi 143 Juta unit  dan menjadi standard de facto bagi perangkat HDTV dimana sekitar 90% TV digital telah dilengkapi dengan HDMI.
·         TAHUN 2009
Pada tahun 2009 perangkat HDMI telah terpasang pada lebih dari 600 juta perangkat HDMI hingga menjadi pendorong utama pada pasar konsumen elektronik hingga dianggap sebagai salah satu inovasi terpenting dalam dekade trakhir dan mendapat banyak penghargaan.
·         TAHUN  2011
Memasuki tahun 2011, pengembang mendirikan forum komunikasi HDMI, wahana konsultasi dan informasi terbuka bagi pengusaha yang tertarik dalam pengembangan teknologi HDMI.
·         TAHUN 2013
HDMI telah mengeluarkan versi 2.0 dan berkemampuan semakin canggih dan mampu menjalankan video dengan resolusi 4K dalam 60 fps (frame per seconds), dan pada tahun yang sama HDMI telah terpasang pada 3 Miliar perangkat elektronik.

III.              III. Spesifikasi HDMI



Penetapan Pin Konektor Tipe A

Pin
Penetapan Sinyal
Pin
Penetapan Sinyal
Pin
Penetapan Sinyal
1
TMDS Data2+
2
TMDS Data2 Shield
3
TMDS Data2–
4
TMDS Data1+
5
TMDS Data1 Shield
6
TMDS Data1–
7
TMDS Data0+
8
TMDS Data0 Shield
9
TMDS Data0–
10
TMDS Clock+
11
TMDS Clock Shield
12
TMDS Clock–
13
CEC
14
Persediaan (N.C. pada perangkat)
15
SCL
16
SDA
17
DDC/CEC Ground
18
Power +5 V
19
Hot Plug Detect





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PORT SERIAL DB9, APA ITU RS-232, DAN FUNGSI DARI PORT SERIAL

Apakah kalian tahu apa itu Port Serial? Kegunaannya apa? Bagaimana sejarahnya? Port serial adalah antarmuka komunikasi serial yang melaluinya transfer informasi masuk atau keluar sedikit demi sedikit (berbeda dengan port paralel ). Sepanjang sebagian besar sejarah komputer pribadi, data ditransfer melalui port serial ke perangkat seperti modem, terminal , dan berbagai periferal. Sementara antarmuka seperti Ethernet, FireWire, dan USB semuanya mengirim data sebagai aliran serial, istilah port serial biasanya mengidentifikasi perangkat keras yang memenuhi standar RS-232 atau serupa dan dimaksudkan untuk berinteraksi dengan modem atau dengan perangkat komunikasi yang serupa. Komputer modern tanpa port serial mungkin memerlukan konverter USB ke serial untuk memungkinkan kompatibilitas dengan perangkat serial RS-232. Port serial masih digunakan dalam aplikasi seperti sistem otomasi industri, instrumen ilmiah, sistem titik penjualan, dan beberapa produk industri dan konsumen. Kompu

Komunikasi Serial RS232

A.     Sejarah Komunikasi Serial RS232 Pada tahun 1962 Electronic Industry Association (EIA) and Telecomunication Industry Association (TIA) telah menetapkan sebuah standar komunikasi data antar dua peralatan elektronik, yaitu Data Terminal Equipment (DTE) dan Data Communication Equipment (DCE) menggunakan pertukaran data biner secara serial (Serial Binary Data Interchang) yang diberi nama EIA/TIA-232. Melalui standar EIA/TIA-232 dan sering disebut dengan RS232 mempunyai fungsi untuk menghubungkan atau mengkoneksikan perangkat yang satu dengan perangkat yang lain, yaitu mengkoneksikan DTE berupa komputer dengan DCE yang merupakan peralatan komunikasi berupa modem. Saat ini pemakaian RS232 digunakan sebagai port komunikasi data antara komputer dengan perangkat pelengkap komputer seperti mouse, printer, joystik game dan lain sebagainya. Perkembangan teknologi mekatronik menyentuh hampir semua bidang terutama pada otomasi industri yang semua peralatan berbasis pada teknologi

KOMUNIKASI SERIAL NULL MODEM, PENGERTIAN NULL MODEM, DIAGRAM, DAN APLIKASI NULL MODEM

Apakah kalian tahu apa itu Null Modem? Bagaimana fungsinya? Cara kerjanya bagaimana? Null Modem adalah metode komunikasi untuk menghubungkan langsung dua DTE ( komputer, terminal, printer, dll) menggunakan kabel serial RS-232. Nama ini berasal dari penggunaan historis kabel RS-232 untuk menghubungkan dua perangkat teleprinter atau dua modem untuk berkomunikasi satu sama lain, yaitu Null Modem Communication mengacu pada penggunaan kabel RS-232 yang disilang untuk menghubungkan teleprinter secara langsung satu sama lain tanpa modem. Ini juga digunakan untuk menghubungkan komputer ke printer secara seri, karena keduanya adalah DTE, dan dikenal sebagai Kabel Printer . Null modem memungkinkan Anda untuk menghubungkan PC anda ke PC terdekat atau perangkat serial menggunakan protokol modemnya. Penggunaan populer kabel null modem adalah untuk mengatur game “head-to-head” antara dua pemain di komputer yang berbeda di ruangan yang sama. (Kabel null modem panjangnya sekitar 10 m). Stand